Motor Misterius

8:02 PM Andri Zainal Kari 2 Comments



Suatu hari, saya harus mengambil titipan di daerah kelapa gading, Jakarta Utara. Lumayan jauh dari domisili saya di tangerang selatan.
Saat itu, saya sudah harus berada di Kelapa Gading pada pukul 3 siang. Sedangkan saya saat itu baru selesai beraktivitas di kampus pukul 12 siang. Berarti saya mempunyai waktu kurang lebih 2,5 jam untuk menempuh tempat tujuan, karena perlu 30 menit untuk mempersiapkan segalanya sebelum berangkat, seperti zuhur, makan siang, dsb.
Awalnya saya ingin menempuh perjalanan menggunakan kendaraan umum karena cukup jauh, namun berhubung saya tidak tahu persis daerah kelapa gading, maka saya memutuskan untuk naik sepeda motor. Karena saya yakin nantinya perlu tanya sana sini untuk bisa sampai ke tujuan. Jadilah saya saat itu menggunakan sepeda motor.
Karena punya waktu 2,5 jam, jadi saya menempuh perjalanan dari ciputat ke Kelapa Gading dengan santai. Menikmati jalanan ibukota yang ramai, terik, dan macet pastinya.


Kelapa Gading Boulevard

Persis jam 2.30, saya sudah masuk ke jalan Kelapa Gading Boulevard. Setahun sebelumnya saya pernah main ke daerah ini, tidak terlalu banyak perubahan. Deretan ruko dengan beraneka ragam restoran dan toko.
Dari jalan itu, mulai lah saya bertanya ke abang-abang dan mbak-mbak yang saya temui di jalan mengenai tempat tujuan saya.
Kurang lebih, 4 kilo dan 30 menit sebelum tempat tujuan, motor saya mati di tengah jalan! Benar-benar di tengah jalan. Nah lo. Mobil-motor di belakang nggak pengertian pula, main klakson sekencangnya disaat saya berusaha untuk menepikan motor.
Nggak ada angin ga ada hujan, motor itu mati begitu saja. Saya coba menekan starter dan mengengkol berulang-ulang, tak kunjung nyala. Kekurangan bensin juga enggak.
Lihat depan belakang, di deretan ruko-ruko itu nggak ada bengkelnya.
Benar-benar bingung dan kesal saat itu, pertama harus segera ambil titipan karena saya cuma punya waktu 30 menit lagi atau titipan saya ga bisa saya terima, kedua ini bener-bener udah dekat banget sama tempat tujuan, ketiga saya sama sekali nggak ngerti motor (cuma ngerti cara bawa dan isi bensin doang haha).
Berbagai cara udah saya pikirin. Mulai ngetinggalin motor di parkiran terdekat dan ngambil taksi, sampai dorongin ntu motor sampai ketempat tujuan.
Untungnya, saat panik-panik begitu, saya dapat telfon dari Abang. Si abang lumayan ngerti motor lah, langsung deh saya tanya ke si abang, sebaiknya di apain nih motor.
Sebelum memberi solusi, abang saya nanyain satu pertanyaan krusial: kapan terakhir kali motornua di service? | hmm... Tahun lalu bang.. *jawab polos* | APA?! (Saya yakin kalian tau apa yang terjadi setelah ini).
Singkat cerita, akhirnya si Abang kasih solusi. Bukan ambil taksi atau dorong motornya, tapi perbaikin motornya sendiri! Wew.
Untungnya nggak susah dan tidak memerlukan keahlian mesin sepeda motor. Malahan, menggunakan keahlian saya sendiri, yaitu ngisi bensin haha.
Mau tau caranya?
Nih..
Buka jog motor, lalu buka penutup tempat bensin, setelah itu engkol motor anda berkali-kali. Jadi engkol motornya dengan keadaan tempat bensin yang terbuka.
Awalnya saya pikir itu horor. Takut motornya meledak. Tapi karena kondisi yang mendesak, apa daya, ya di coba.
Setelah beberapa kali saya engkol, motornya nyala kembali! Alhamdulillah. Akhirnya saya putus telfon, trus langsung ngebut ke tempat tujuan.
Persis, 2.55 saya sampai tempat tujuan, dan titipan saya terima. Namun 'penderitaan' nggak berhenti disana ternyata.
Karena cukup capek menempuh perjalanan jauh, akhirnya saya memutuskan untuk istirahat sebentar di convenience store terdekat. Lumayan buat check in di path (alaynya keluar) haha. Eh, nggak sadar, disana sampai jam 4 sore.
Trus mulai nyalain motor untuk pulang, dan ternyata... Jalanan macet parah masbro mbaksis. Iya dong, orang jam 4 itu jadwal pulang kerja haha. Daripada bermacet-macetan, mending nongkrong dulu. Muter balik, dan main ke mall terkedekat deh sampe malam.
Jadi tips bagi pengguna motornya:
1. Rajin-rajin service motor, apalagi bagi yang nggak ngerti dunia permotoran haha
2. Kalau udah terlanjur mogok dan pengen motornya nyala lagi, yaudah pake cara yang di ajarin abang saya tadi.
Terimakasih udah baca tulisan ini. Kalau ada apa-apa atau pengalaman yang sama atau cara dan tips yang berbeda, komen aja ya.

Selamat Berkelana, Semoga Kita Bersobok! 
Andri (Zainal Kari)

2 comments: