India Mati Lampu Setiap Hari!! Tapi...

1:06 AM Andri Zainal Kari 0 Comments



Ada hal unik namun positive nih dari perjalanan di India.



Hari pertama kami (saya dan teman-teman) di India, kami mendarat di kota Chennai, Tamil Nadu, tepatnya di Selatan India. Kami nginap di kota tersebut selama satu malam, dan melanjutkan perjalanan ke kota lainnya.



Kami sampai di Chennai saat itu kurang lebih jam 11 malam waktu setempat. Cukup horor sih. Karena ini negara yang benar-benar baru bagi kami, dan ini India. Untungnya ada teman asli Chennai yang saat itu mengantarkan kami ke hotel tempat kami menginap.



Lalu kami sampai di hotel dengan selamat dan bisa beristirahat dengan nyenyak.



Karena kami hanya menginap selama satu malam, jadi keesokannya kami harus segera Check out. Seperti biasa, batas Check Out jam 12 Siang. Hanya saja, kami sudah siap sejak pukul 11-an.



Namun, tiba-tiba listrik padam sebentar, lalu nyala lagi namun disertai dengan suara bising. Ya, itu adalah generator listrik. "waaahh... India sama ya kaya Indonesia, sama-sama suka mati lampu" haha.. Pikir saya saat itu.



Saat check out, kami pun iseng menanyakan kepada repsesionis, "di India sering mati lampu juga ya Sir?"



Si Sir nya menjawab, "Benar, listrik akan putus setiap hari, pukul 11-12 siang. Ini program pemerintahan kami untuk menghemat energi"



Saya pun saat itu bengong, malu (pada diri sendiri karena terlalu cepat berasumsi negatif) dan takjub.



Awalnya saya kira rakyat India senasib dengan Indonesia karena sering mati lampu, tau-tau nya malah ini program positif dari pemerintahan mereka untuk menghemat energi (Ya, kalau anak politik atau fisip mungkin melihat fenomena ini berbeda. Bisa aja pemerintah mereka bikin program kaya gini karena pihak ketiga, misalnya perusahaan generator listrik, dsb haha).



Tapi, apa yang saya lihat disana justru sangat positif:



Pertama, rakyat sudah tahu kapan listrik akan mati sehingga mereka bisa tahu bahwa pada waktu tersebut, mereka tidak bisa melakukan aktivitas yang berhubungan dengan listrik. Entah itu nyetrika, nanak nasi, nonton film, dsb. 



Kedua, pastinya bisa menghemat energi. 


Ketiga, ini menurut saya yang lebih penting, tindakan tersebut bisa menumbuhkan kesadaran masyarakat bahwasanya sangat perlu untuk hemat energi. Jika rakyat sadar, mereka akan menggunakan listrik dengan bijak dan hemat, maka energi jadi semakin hemat hehe.


Menurut saya ini adalah hal yang menarik dan positif. Hanya saja saya tidak tahu apakah ini berlaku di seluruh India, atau di Kota Chennai saja.



Berbeda sekali ya dengan Indonesia. Listriknya sering padam tanpa ada pemberitahuan. Tiba-tiba mati, dan kadang memakan waktu yang lama.



Selamat Berkelana, Semoga Kita Bersobok! 
Andri (Zainal Kari)

0 komentar: