Happy Birthday TVRI

6:32 AM Andri Zainal Kari 2 Comments


TVRI atau Televisi Republik Indonesia adalah siaran televisi pertama yang ada di Indonesia, yang mulai tersiar pada tanggal 24 September 1963. Berarti sudah 47 tahun ya umurnya sekarang. Siaran pertama yang mereka tayang kan adalah, Upacara Kemerdekaan Indonesia ke-17. Setelah itu mereka juga yang meliputi Asean Games di Jakarta.
Namanya juga zaman dahulu, jadi warnanya hanya lah hitam dan putih saja, dan ditambah dengan beberapa semut yang menghampirinya. Maklum lah saat itu belum ada parabola yang canggih, yang bisa mendapatkan sinyal siaran televisi dengan bagus.
Bagaimana Hubungan Saya dan TVRI??

Jujur, saya dulu sangat suka nonton TV, walaupun sekarang sudah sangat malas sekali. TVRI adalah salah satu siaran yang saya tonton. Maklumlah, dulunya saya tinggal di sebuah desa di Riau. Disana kami hanya bisa mengakses 2 siaran televeisi Indonesia, dan 4 siaran televisi Malaysia. 2 siaran televisi Indonesia adalah TVRI dan RCTI, sedangkan 4 siaran televisi Malaysia adalah TV1, TV2, TV3, dan NTV7. (masih ingat saja ya saya, padahal sudah semenjak SD lo). Kalau sekarang, barulah kami bisa mengakses banyak siaran televisi Indonesia bahkan dunia. Maklumlah, dunia sudah canggih sekarang.
Acara TVRI yang dulu sering saya tonton adalah Dunia dalam Berita (karena saat itu remote TV di pegang oleh Abang atau Ayah atau Ibu saya hhaha). Tapi tidak masalah karena saya dulu TV addicted, jadi maklumlah kalau saya mau saja menonton apa saja. Lalu setiap sabtu sore, kakak saya selalu nonton acara Cerdas Cermat yang ada di TVRI, karena itu menjadi tugas sekolahnya. Itu waktu SD.
Waktu SMP, akses siaran televisi dirumah sudah semakin bagus. Ya, ada receiver baru dirumah. Dan TVRI pun sedikit terlupakan. Tapi tidak sepenuhnya. Karena setiap hari minggu siang atau sore saya pasti nonton "Fisika oh Fisika" (kalau tidak berhalangan), karena Fisika adalah pelajaran favorit saya ketika SMP. Dunia dalam berita juga tidak ketinggalan. Tapi tidak sesering dahulu, karena sang ayah sudah mulai beralih ke Metro Tv untuk masalah berita.
Ketika SMA ini yang jadi masalah. Saya tidak pernah menonton TVRI sama sekali!! Parah sekali saya! Tapi jangan negative thinking dulu. Ketika SMA, saya tinggal di Asrama, jadi hampir 80%, minat saya nonton televisi sirna, karena di Asrama tidak ada TV. Hhaha. Tapi, ketika saya menjadi panitia LK (latihan kepemimpinan), kami mengadakan kunjungan ke studio TVRI, regional Padang. Jadi, ya masih ada juga lah hubungan saya dengan TVRI.
Tidak hanya itu, saya juga pernah pergi ke pemancar TVRI daerah Sumatera Barat yang berada di tengah Singgalang. Sekalian Hiking. Walaupun tidak nonton acaranya, tapi tetap berhubungan, kan? (halah ngeles aja kaya bajaj :p)
Sekarang, saya tidak tahu lagi dengan siaran TVRI. Karena tidak dapat signal di kosan saya. Tidak hanya itu, minat menonton Televisi saya sudah menurun drastis 80%. (itu nonton siaran televisi maksud saya, kalau DVD dan Bioskop, tetap jalan!!)
Tapi saya yakin! TVRI adalah siaran pertama yang ada di Indonesia, yang menurut saya juga mempunyai visi dan misi yang sangat positif bagi masyarakat. Yaitu menjadikan televisi sebagai pusat informasi, hiburan, dan edukasi. Karena jujur, kalau saya melihat siaran-siaran Indonesia lainnya saat ini, hanya beberapa siaran saja yang benar-benar memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat. Sedangkan yang lainnya hanya dipenuhi dengan Sinetron yang cengeng, berlebihan, dan tidak mendidik atau Program Hiburan dan gosip mengernai artis dan sebagainya. Semoga pertelevisian di Indonesia menjadi lebih baik. Semoga TVRI semakin jaya dan tetap hidup, untuk memberikan informasi, hiburan, dan edukasi kepada masyarakat Indonesia, dari Sabang hingga Marauke.

2 comments:

  1. wew, ga gw sangka lo concern juga ke TVRI..
    dan gw baru tahu kalo di daerah Riau bisa nangkep siaran Malaysia, hahaaa

    yup! TVRI mang stasiun pertama di Indonesia, tapi sekarang TVRI malah (maaf) agak "cheesy" dalam menampilkan edukasi, i'll prefer Trans TV anyway when it comes into education

    tapi yaaabalik lagi ke orangnya masing2 sih mau nonton apa. dan bagaimana memfilter apa yang ditonton, tul gak? heheee

    ReplyDelete
  2. hahhaa... nggak ini cuma share tentang peran TVRI ke gw.. bagaimana pun juga sedikit banyak nya TVRI udah bantu gw atau kita..

    ya, inovasi memang biasanya akan lebih dari yang aslinya.. jadi wajar kalau kebanyakan orang-orang sudah mulai "lupa" dengan TVRI hhaha...

    menurut gw juga, Trans TV dan Trans 7 siaran yang mendidik saat ini. maksudnya yang di bisa di terima oleh kalangan siapapun. mulai dari anak-anak sampai orang dewasa.. kalau siaran lain seperti Metro TV dan TV one juga mendidik kok! tapi rada susah di cerna oleh anak-anak. gitu :p

    thks udah comment btw =)

    ReplyDelete