Discover Europe, Discover Myself!


It started when a few of my friends asked me to join them for a trip around Europe. I said no! Instead, I wanted to explore the continent by myself. I wanted to find out whether it’s true that (solo) travelling could change my perspective of the world by meeting new people, getting in touch with the local culture, tasting the local cuisine and leaving no corner unexplored. I wanted to see how travelling would make me understand more about the world and especially myself. I wanted to be surprised by spontaneous moments that I would encounter from what Europe had to offer. Even though I come from a part of the world which is extremely different – Indonesia, I wanted to experience something new. To my great delight, it turned out to be more breathtaking than I ever imagined it would be.

I intentionally didn’t plan my trip. Instead, I wandered around Europe aimlessly, like a fish in the stream of a mighty river. I purchased a train pass allowing me to travel the whole continent anytime I wanted. That way, Europe was mine to explore. This gave me an empowering feeling and an unparalleled sense of freedom. I then began to feel incredibly excited for the upcoming journey.

The story about meeting people started from the first time I stepped foot on train. In the train I met other passengers who were mostly solo travelers like me.  I was pleasantly surprised that I could meet so many interesting people from different parts of the world within a blink of an eye. It gave me a chance to start conversations about various topics, from what to eat and visit, to exchanging personal and deep experiences.

I remember one day I missed my stop in Hanover and instead continued on to Hamburg. This was due to a beautiful and profound conversation I was having with a Ukrainian father, who told me a story about how he survived the war and moved to Germany. The other day I had a conversation with a lovely Italian Grandma on the way to Roma from Firenze, where we talked about how different our families, cultures, religions and lives are, even though she didn’t speak English. Yes, we spoke in different languages, but thanks to my electronic dictionary we could still manage to communicate in that six-hour trip. It made me fully aware that a smile is universal and I’ll always be able to talk to nice people even if we don’t share a common tongue. It ended with her giving me a box of Tupperware full of cookies for my ‘travel company’ she said. It was really sweet of her.

Another time in the train I met a professional Swedish photographer on the way to Zagreb from Split. He inspired me with his thirty-year experience of travelling around the world for his photography projects. That overnight train was not enough to share the laughs and entertaining stories of our different cultures and continued by having a cup of Coffee in Zagreb Glavni Kolodvor station. I also met a cool scout group from Antwerp on the way to Prague from Zakopane. We didn’t sleep at all as we were having so much fun.

These are the kinds of moments that I will never forget for the rest of my life. All of those are just small examples of the pleasure of meeting new people. I haven’t yet included the various times that I met individuals in hostels and places I visited. It’s true that I travelled solo but surprisingly I never felt alone, which was my greatest fear before I left.

From the people that I met on the train, I knew that almost every city in Europe has a free walking tour. It quickly became the first thing I would do as an introduction to the place that my feet came to stand on. The local tour guide told me everything about the city and anything I wanted to know about the city and country, such as the history, culture, must-do activities and must-visit places. I came to appreciate the long way in which Germany became as big as it is now, I also learnt how Warsaw became as pretty as it was when I saw it. Not to mention the interesting story behind the art and buildings that I had snapped with my mirror-less camera, how pleasant Easter is for Slovakian guys, how happy Slovenian shepherds after summer and so on. I even got information about where to have the tasty all-you-can-eat traditional Italian seafood, pasta and bread with a glass of fresh orange juice for just three euro in the most touristic place like Venice.

It’s true that the journey was about how nice it was sunbathing in Cinque-Terre, Nice, and Lagos; or how refreshing it was swimming in Bled lake, Aare river and Peneda Geres waterfall; or how fun it was hiking in Zakopane and Kandersteg; or how enjoyable it was walking on the Berlin, Granada, and Paris pavements; or how chilled it was being in Seara Velha, Nassington, Utrecht and Hradec Kralove; or how delicious it was eating pasta, pizza and gelato in Italy as well as Kibbeling and Patat in the Netherlands; or how unnecessary it is to travel with friends to enjoy all of those activities.. But actually it wasn’t only about exploring and finding the world, but mostly about finding myself. Maybe this journey would end differently if I chose to travel with friends.

I felt like the beautiful places and the rich cultures anywhere on earth will always stay there living with the people surrounded, waiting for me to explore them one by one. Even though I’m from a small village called Sarilamak, I know that the world is mine. As long as I have the opportunity, I have to check every inch of it. If I don’t have one, I must create one. What about you?

Bitter Sweet of Kanaalstraat

Basically, this article is about how my first semester was in the chilled and not-so-crowded-city named Utrecht. I still remember how happy I was, although just a little bit worried and nervous, when my family and friends dropped me at the Airport. Happy because, you know, it's the thing that I had been fighting for with thousands of failures, worried and nervous because it's a 14 hour-long flight. No. I am joking. I have experienced that several times before. Of course it's due to the thing that I would face later in Europe. But apparently, the good friend of mine Khalista told me that, "one day, you will regret that you had been nervous about it.. because you will realize that there is nothing that you need to worry about". Hmm.. Leh uga.

There isn’t much that I remember about my 14-hour-flight but I thought about who I was going to meet later and what I was going to face. I tried to remember my 2011 trip to the Netherlands to give me some clue but I remained clueless. It was going to be a different moment than the last one. The last one was an amazing experience for sure, living with a kind and lovely Indonesian-Dutch family. While this one was gonna be me and everything that the Netherlands has to offer. I would have to make all the decisions, and also live with all of the consequences, as always. But remember, it was going to be a different community and a different environment.

I came two weeks earlier to the Netherlands before class started to get a better feel of the country. I explored the city little bit and wandered around just to get to know how the battlefield was gonna be. I also travelled to the Indonesian-Dutch families' house to say hello in Ridderkerk. Before the first of February, the day that I should move my 40kg luggage to my new room in Kanaalstraat, Lombok. Lombok? Sounds familiar to me.

Lombok during King's Day
The gateway of Lombok area from the city center of Utrecht is a big mosque with a fancy kebab store at the bottom called Kebab Factory. It could be a sign that, a large Turkish and Moroccan community dominated this area, even though the area itself has a familiar Indonesian flavor (not to mention the name of streets in this area that are mostly Indonesian such as Borneostraat, Padangstraat, Sumaterastraat, Javastraat, Balistraat, and many other straats). Indonesian community? I know there are just three or four families living in this area, plus me. This area is also full of local groceries, halal-meat butchers, halal-restaurants and even a cheap bike shop (I remember the second day in Kanaalstraat I bought a 15 Euro bike from or with - which is still debatable - Pedro, but now the bike has since been stolen).

I successfully brought all of my luggage to Kanaalstraat. I went to de Uithof (the science park where most of the university classes and student accommodation buildings are). I snapped a picture when I picked up the key; at this time I did not now anyone yet. Well, Reece and Martina that I met in a hostel.


After that, the housing company dropped the residents off at the house. Then when I arrived there I met many beautiful people from all around Europe, also a few from Asia, America and Australia. Let me try to remember. They was one Polish, two Singaporeans, two Czechs, a guy from Hong Kong, three Italians, a Brit, two Turks, three Spaniards, two Australians, a Greek, a Ukrainian, a Portuguese, an American, a Swiss, three Swedish, a Norwegian, a Finish. For sure, I know what their names are.

Why was it so multicultural? Apparently almost 100% of them are Erasmus or Exchange students coming to Utrecht just for a semester. Well, some of them had extended for another semester but still they were not originally Utrecht University students. It was so nice, wasn't it? Meeting a wide selection of students from all around Europe right in your own home, next to your room. Romano, Artur, Josephine and KK were next to my room. It was really; really nice to do so many cultural exchange things, we learned from each other and certainly had so many fun moments. All of them were so sweet to forget. Even sweeter than Baklava, Isabel's favorite.

Tahu and Tempeh among Portuguese and Swiss foods

The bitter part of course was about the studying. Doing a master after not going to university for almost two years and being back to having to deal with journals and scientific stuff definitely needed much more effort to deal with. Furthermore, the standard and quality of this highly ranked university as well as the colleges and partners I worked with, compared to the one in Ciputat must be different. It required so much effort to adapt and to deal with. More, I started in the middle of the year (February), which also made me not learn my program from the basic level, but the advance instead. I experienced so many setbacks during this time. Not to mention the broken sleeping pattern (my record was 28+ hours awake), losing an 8000 word assignment, leaving my assignments until I was on holiday, etc etc etc etc.

But when I could deal with all of these issues, I was satisfied for sure. Khalista was right. I began to enjoy the bitter stuff. I think everyone does enjoy it as well, even though sometimes it drove me crazy, even more so if it's too much and uncontrolled. The picture of the beautiful Sustainable Development (SD) students bellow explains how we enjoyed the bitter parts of being SD master students.

Saint Patrick 2016

Appeltaart and Chocomel. (Ayu interpretation is chocomel (me) in the middle of Appeltaarts. KZL)

When the bitter stuff that drives me crazy meets the sweet things, it makes me even more insane. Well, what? I don’t think that this article is going anywhere now and I need to end it soon. Yeps, really soon. At least you got a tiny bit about the bittersweet lifestyle of Kanaalstraat. I can tell more later. I have endless stories about Kanaalstraat. For sure. Period.

Pelaruga, Si Sungai Abadi

Pelaruga. Hmm.. Akhirnya saya menuliskan tentang tempat yang pasti akan saya kunjungi ketika saya melancong ke Sumatera Utara lagi. Serius. Bagi saya sehari disana tidak akan pernah cukup. Saya ingin berlama-lama disana.

Saya pergi ke sungai abadi ini sendirian, karena semua rekan saya bekerja. Pergi sendirian adalah keputusan terbaik yang saya ambil saat itu. Kalau tidak, saya tidak akan pernah mencelupkan badan saya ke tempat itu.

Jadi Pelaruga itu adalah tempat wisata berupa sungai. Ia juga sering  disebut dengan sungai abadi. Ekspektasi pertama kalau ingat sungai ya luas, air coklat karena sendimentasi, dalam, dan sebagainya. Namun sebenarnya si Pelaruga lebih cocok dengan kata kali sih. Karena dia ga luas. Airnya juga jernih. Dangkal juga. Dan sebagainya.

Posisinya nggak jauh dari kota Binjai. Saya naik motor dari kota Medan hanya memakan waktu sekitar satu setengah sampai dua jam untuk bisa sampai ke pos atau parkiran kendaraan.
Gambar 1. Tugu Kota Binjai (Abaikan Foto Haji Saleh Bangun)

Di tempat wisata Pelaruga juga harus pakai ranger. Biayanya juga 30 ribu per-orang yang di guidenya. Jadi harganya bukan harga per-rombongan. Berapa pun orangnya tetap di guide. Walaupun seorang diri seperti saya saat itu. Biaya ini sudah include dengan ongkos parkir, sewa perlengkapan keselamatan, dan jasa membawa barang bawaan kita selama di kali biar tidak basah. Ya worth it lah.

Biasa, untuk melihat tempat yang indah layaknya  Kawah Putih Tinggi Raja, saya harus trekking dulu sekitar 15-20 menit. Jalananya naik turun, tapi sudah setapak jadi jalannya bisa santai. Meski ngos-ngosan. Tanda kalau kamu sudah sampai ke Pelaruga, adalah waktu kamu mendengar suara derusan air. Yaiyalah. Haha.


Gambar 2. Spot Pertama, Hampir Dekat ke Hulu. Itu Lumayan Dalam Loh, Karena Jernih Malah Terlihat Dangkal


Gambar 3. Tuh kan Lumayan Dalam...

Jadi saya di bawa ke bagian yang hampir sampai ke Hulu sungai. Makanya airnya sangat bening dan jernih sekali. Konon airnya berasal dari sumber mata air. Ketika saya minum juga segar banget air nya. Malah jadi ketagihan minum jadinya hehe.

Setelah tampak puas bermain di spot ini, abang ranger pun ngajak saya menuju ke Air Terjun Teroh Teroh. Katanya sih ada sekitar satu kilometer dari tempat ini. Bagian ini lah yang menurut saya yang paling asik, karena sejauh satu kilometer itu kita akan BODY RAFTING!

Ya, badan besar saya ini dihanyut-hanyut manja-kan dengan aliran air Pelaruga. Beberapa tempat juga ada yang kita harus loncat. That was the best experience I have. Rasanya kaya lagi hanyut di sungai-sungaian waterboom di Bali. Tapi ini hutan beneran, dan airnya itu jernih banget. Di beberapa tempat, ada air yang keluar dari akar pohon dan dinding batu. Benar-benar pemandangan luar biasa banget.

Selama body rafting, barang bawaan kita dijaga oleh sang ranger. Abang-abang ranger udah nyiapin plastik biar nggak basah. Kamera dan HP saya waktu itu disimpan, makanya nggak ada dokumentasinya. Tapi positifnya, saya jadi benar-benar menikmati saat itu. Huhu

Gambar 4. Ini Waktu di Tengah Jalan Mau ke Teroh Teroh

Akhirnya sampai di Air Terjun Teroh Teroh. Air terjun yang airnya juga berasal dari hulu tadi. Tetap jernih dan "abadi" Tingginya sekitar tiga meter. Dan ditengah ada pohon tumbang yang bisa di naiki. Yakin deh, kalau sudah disini bakalan betah berlama-lama. Saya saja waktu di ajak pulang sama sang ranger malah nggak mau. Haha

Sekian dulu cerita di Pelaruga. Sedikit lagi jurnal saya ketika di Sumatera Utara akan rampung. Semoga bisa selesai ya.

Selamat Berkelana, Semoga Kita Bersua.
Andri Zainal Kari.


Kawah Putih Tinggi Raja

Setelah dua hari dua malam menghabiskan waktu dengan berkelana ke Danau Toba dan sekitar, maka wajar kalau keesokan harinya badan ini menjadi remuk dan capek. Bagaimana tidak, dari dua hari itu, sebagiannya dihabiskan dengan berada di atas perjalanan. Haha.

Namun faktanya, badan saya tidak remuk dan tidak capai. Ketika bangun tidur badan segar dan siap untuk lanjut berkelana. Mungkin, karena perjalanan toba kemarin di tutup dengan mandi air panas di Berastagi kali ya? Makanya jadi segar gini.

Oke, hari ini rencananya saya akan eksplore Kota Medan sendirian. Karena semua kenalan saya yang ada di kota terbesar di Sumatera ini harus bekerja. Nggak papa, solo traveling terus menjadi hal yang menyenangkan kok buat saya.

Tapi ternyata Eca pulang lebih awal dan saya di ajak jalan-jalan bareng keluarganya. Asyik!

Eca pun mulai sibuk berselacar di dunia maya untuk mencari destinasi apa yang akan kami kunjungi, dan ia pun memilih untuk mengunjungi Tinggi Raja. Tinggi Raja adalah kawah putih yang luas di daerah Deli Serdang. Alasan Eca memilih itu karena kawah ini "katanya" lebih indah dibanding kawah putih ciwideui di Bandung.

Perjalanan menuju Tinggi Raja memakan waktu kurang lebih empat jam dari Kota Medan dengan jalanan yang super parah jeleknya. Sekitar satu jam setengah, kami harus teroyak-oyak dan terombang-ambing untuk menuju tempat itu. Padahal, kami melewati banyak desa, perumahan, bahkan satu pos barak militer, apalagi mau menuju tempat wisata, kenapa jalanannya bisa jelek banget gini?

Kami kemarin juga ragu, apakah benar akan ada kawah putih ditempat yang kami tuju. Karena kawasan seperti itu biasanya identik dengan daerah pegunungan kan? Sedangkan kami berada dikawasan panas yang penuh dengan perkebunan sawit dan karet. Sempat nanya orang dijalan, malah di suruh pulang aja karena katanya masih jauh dari sana. Sedih. Namun kami nggak dengerin dan terus lanjut.

Jeng jeng, setelah kesel melewati jalanan yang mengoyak-oyak kami dan pusing mikirin pulang yang harus lewatin jalan itu lagi, kami pun tiba di parkiran yang berbentuk tanah lapang. Masih ada 1 mobil beberapa ranger disana. Kami datangnya emang kesorean sih. 

Ternyata wiliayah Tinggi Raja itu adalah Cagar Alam, bukan tempat wisata. Pantesan aja jalanannya parah banget.

Oya,biaya yang wajib dikeluarkan di Tinggi Raja adalah: parkir mobil sebanyak 30 ribu permobil dan biaya 30 Ribu per-orang untuk guidenya. Gila mahal banget. Jadi kalau sepuluh orang berarti bayar tiga ratus ribu buat si rangernya. ckck macem pemerasan ya? Karena ga ada opsi lain. Nawar pun nggak bisa. Mau pulang juga gimana, udah berjuang banget sampe ketitik itu. Yasudahlah.

Nah, untuk menuju kawah, kita harus trekking dikit dari parkiran.Ya lima menit lah, dan siap-siaplah mulut menganga, mata ngga mau ngedip, dan kamera ngga berhenti menjepret karena keindahan Tinggi Raja. Berikut foto-fotonya:


Gambar 1. Alur Trekking Menuju Tinggi Raja

Gambar 2. Pemandangan Kawah saat Pertama Kali Sampai

Gambar 3. Kawah Tinggi Raja


Gambar 4. Jembatan Sekaligus Pemisah Kawah dengan Kolam Air Panas


Gambar 5. Kolam Air Panas

Gambar 6. Kawah dari Bagian Atas

Info dari si ranger, sumber air panasnya terus berpindah dari waktu ke waktu. Jadi bisa jadi nanti danau air kawah biru itu malah menjadi daratan. Begitu. Misalnya, Gambar 1 dulunya adalah kawah. Gambar 2 dulunya adalah kolam air panas. Sekarang malah daratan. Terus kenapa namanya Tinggi Raja, karena ini adalah tempat yang mulia bagi raja-raja terdahulu. Agak angker makanya. Katanya.

Kami benar-benar tidak bisa berlama-lama disana karena kami datangnya kesorean bangt. Kami disana hanya satu setengah sampai dua jam. Lalu kembali pusing mikirin jalanan jelek yang harus dilewatin tadi.

Nggak tau untung atau nggak, si ranger ngasih tau kami jalan yang lebih dekat ke pasar hitam (atau aspal), dan kami pun ikuti saran sang ranger.

Awalnya kami senang, karena katanya jalan ini jauh lebih dekat. Berarti kami tidak akan terlalu lama terombang ambing melalui jalan yang jelek. Kesenangan bertambah, karna ketemu kawah lain di tepi jalan mau pulang. 

Gambar 7. Ketemu Kawah lain di Tepi Jalan

Namun setelah kawah itu kami semua malah beristighfar sebanyak-banyaknya. Jeleknya jalan, justru jauh lebih parah.. 

Jadi jalannya kebanyakn tanah merah, namun di samping kanan atau kiri jurang. Jalan itu pun terlihat sangat rentan akan longsor. Lubangnya lebih dalam dan besar. Kalau jalanan sebelumnya berlubang, setidaknya masih batu atau kerikil. Sedangkan ini tanah, rentan.

Ada jalanan yang sudah longsor, dan menyisakan sedikit space saja buat dilewati. Serem kali. Sedangkan posisi di tengah hutan, gelap, sepi, dan tidak ada sinyal. Andai kata kami nyungsep ke jurang dan meninggal, hanya tuhan yang tau keberadaan kami. Saking sunyinya.

Ada juga momen, mobil terperangkap dilumpur, sampai kami harus kotor-kotoran dorongin mobil dikegelapan. Seremkan? Jadi kalau mau kesini mending naik mobil off-road atau naik motor deh. Atau nunggu jalannya bagus. Dan yang terpenting, berangkat dari subuh biar puas.

Tapi, saya sangat beruntung dan senang karena sudah pernah pergi ke Tinggi Raja. Karena faktanya, belum banyak orang yang pernah kesini. Termasuk orang-orang Sumatera Utara nya sendiri. Buat Eca dan keluarga saja misalnya, ini adalah pengalaman mereka pertama ke sini. 

Sekian Cerita tentang Tinggi Raja,
Selamat Berkelana, Semoga Kita Bersua
Andri Zainal Kari

Berastagi, Kota Sejuk di Sebelah Medan

Entah memang kebetulan atau bagaimana, beberapa kota besar di Indonesia mempunyai kota kecil sejuk yang menjadi sasaran destinasi wisata bagi masyarakat urbannya. Misalnya seperti ibukota Jakarta punya Bogor atau Puncak, Surabaya punya Malang, begitu juga Medan yang mempunyai Berastagi.

Tapi kayanya emang ga kebetulan deh. Indonesia itu emang kaya dengan kawasan sejuk dan dingin, perbukitan dan pegunungan berjejer di Indonesia. Luar biasa! #apadeh

Cerita kesenangan pulang ke Medan kami pun bertambah, setelah melewati pesona jalan tele, kami juga melewati dan mampir dulu ke Berastagi. Bahkan lebih gilanya lagi, kami ke kaki Gunung Sinabung yang dari beberapa belas bulan yang lalu, masih erupsi sampai sekarang. Tiba-tiba ada awan panas saja, tamat sudah.

Gambar 1. Kaki Gunung Sinabung

Oya, saya lupa bilang kalau rekan perjalanan toba saya ini adalah para kimiawi di Kota Medan. Mereka pergi ke kaki gunung Sinabung bukan tanpa sebab, melainkan ingin mengambil sampel air sungai di desa dekat Sinabung untuk di teliti. Secara masyarakat sedikit-sedikit sudah kembali kerumah mereka dan menggunakan air sungai itu untuk kehidupan sehari-hari. Meskipun wilayah tersebut masih dalam ancaman erupsi Gunung Sinabung. Ga ngerti deh. Mungkin penduduk itu tidak tahu harus mengungsi kemana, atau pemerintah tidak bantu mereka lagi.


Gambar 2. Perkampungan di Kaki Gunung Sinabung

Setelah mengantungi beberapa botol sampel, kami pun bersegera menjauhi Gunung itu. Serem banget soalnya. Karena sang pasak bisa saja seketika mengamuk. Kami pun menuju pusat kota atau alun alun atau pasar kota yang sore itu sangat ramai sekali. Benar-benar seperti puncak bogor disaat akhir pekan.


Gambar 3. Main Kuda-Kudaan di Berastagi
Kebetulan, saat itu sedang ada acara Batak Fair di taman kota. Lomba menyanyi lagu batak. Suara penyanyi emas-emas semua. Penonton yang datang nggak karuan ramainya. Kami yang hanya ingin solat dan ke kamar mandi saja, sangat susah mencari parkir dan harus terpisah-pisah dan cari-carian satu sama lain karena ramainya.

Gambar 4. Penonton Batak Fair

Setelah sekian puluh menit, akhirya kami kembali ke mobil. Saya sendiri sudah mengantungi tiga kilo mangga. Saya paling tidak tahan melihat jejeran buah mangga, apalagi warnanya kuning legit. humm. Namun ada mitos tentang mangga Berastagi, kata orang Medan, manisnya si mangga hanya di Berastagi saja. Ketika sudah sampai di Medan, mangganya berubah menjadi asem. haha ada-ada aja.

Mumpung di Berastagi, saya meminta ke teman-teman untuk mampir ke Pagoda, vihara yang kaya di Bangkok atau Myanmar itu. Meski sudah Maghrib dan kami tau tempat itu sudah tutup, teman-teman saya mengizinkan. Ya setidaknya masih bisa melihat laah walaupun dari pagar doang hehe.

Gambar 5. Foto Pagoda di Magrib Hari dari Pagar

Dari Pagoda, kami pun ingin mengakhiri perjalanan panjang kami dengan merehatkan badan. Berastagi juga punya banyak hotspring atau tempat pemandian air panas alami. Banyak banget! Jadilah kami berendam dulu selama satu dua jam sebelum benar-benar pulang ke kota Medan. Bang Ando yang membawa mobil tidak mau ikut berendam, karena dia takut tertidur ketika menyetir. Karena setelah mandi air panas, mata pasti mengantuk katanya.

Dan benar! Sepanjang jalan pulang kami tertidur pulas sampai kerumah tidak sadarkan diri. Haha. Untung saja Bang Ando beneran nggak mandi ya.. hehe.

Oya, sebelum benar-benar pulang ke rumah, kami juga sempatin seruput kopi item dan bandreks dengan view kota Medan yang aduhai. Berikut fotonya:

Gambar 6. Kerlap Kerlip Kota Medan dari Berastagi

Sekian cerita pulang, dan Selamat Berkelana, 
Semoga Kita Berjumpa
Andri Zainal Kari

Pesona Jalan Pulang Melalui Tele

Pulang, adalah kegiatan atau hal atau tindakan atau kata atau apapun itu yang di benci saat traveling. Karena dengan pulang, maka kita akan kembali ke "dunia nyata". Tapi tidak untuk jalan pulang ke Medan lewat jalur Barat, atau melalui Samosir atau melalui Pangunguran.

Kenapa? Nanti saya jelaskan.

Sebenarnya perjalanan kali ini bagaikan anak kecil yang masuk ke toko mainan, yang kalau jajan mau belanja mainan ini dan itu. Begitu juga kami, disaat berada di Danau Terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara serta pusat peradaban suku Batak yang terkenal ini, kami juga ingin mengunjungi semua tempat wisata yang ada disana.

Namun sayang, ibarat makan, tidak semua makanan diatas piring yang bisa dilahap sekaligus dalam satu waktu. Harus sesuap demi sesuap. Begitu juga dengan wisata, nggak (selalu) bisa semua tempat di explore dalam satu kesempatan. Bisa sih kalau ada waktu banyak dan momen yang pas. Lagian, tujuan jalan-jalan bukan untuk mengunjungi sebanyak mungkin tempat kan? Inti jalan-jalan itu adalah menyenangkan.

Rencananya, kami mau ke batu besar, Danau Sidihoni dan Aek Natonang (bagi yang belum tau, kedua danau ini berada di atas perbukitan Pulau Samosir sehingga sering dijuluki Danau di atas Danau), Mata Air Datu Parngongo, Pantai Pasir Putih, Patung Si Raja Luntong, dan segala macamnya lah. Sementara kondisi saat itu, kami sudah harus sampai di Kota Medan di malam hari, mengingat besok teman-teman saya mulai bekerja.

Akhirnya kami harus menghapus list itu. Satu-satunya tempat wisata yang jadi dikunjungi, Pantai Pasir Putih yang ternyata tidak menarik perhatian kami karena saat itu sedang ramai pengunjung. Jadinya tidak selera untuk berlama-lama menikmati keindahan toba dari bawah sana. Seleranya malah membeli kerupuk nasi yang murah meriah, enak, dan besar. Hehe.


Gambar 1. Pantai Pasir Putih dengan Aktifitasnya

Oke, apa yang membuat jalan pulang melalui Pangunguran menjadi menyenangkan?
1. Yang pasti pemandangan oke, persawahan dan genangan air toba selama di Pulau Samosir.
2. Jadi tau kalau ternyata ada jembatan yang menyatukan Pulau Samosir dengan Pulau Sumatera. Banyak juga yang bilang kalau sebenarnya, Samosir itu bukan pulau.
3. Melewati bukit-bukit batu yang bekelok-kelok, tapi bikin mata nggak berkedip saking indahnya. 

Bang Ando yang membawa mobil sesekali juga harus di gertak karena dia melamun melihat panorama yang ada di samping kaca. Gawat! Kalau jatuh, mati semua. Karena di sebelah kiri atau kanan adalah jurang dan jalanannya sempit. Karena jalan aspalnya memang bukit batu yang sengaja di kikis. Jadi bikinnya ya seadanya, ga bisa lebar-lebar banget. Oya, ditengah jalan, saya sempat "tidak tahan" dan meminta Bang Ando berhenti sebentar karena mau selfie. Sampah. Haha.

4. Menemukan puncak indah yang bernama Puncak Tele. Jujur ini tidak termasuk ke dalam daftar destinasi kami, tapi indahnya maksimal. Puncak ini berada di belokan jalan yang kayanya emang belokan terakhir sebelum mata kita benar-benar tidak bisa lagi melihat penampakan Danau Toba. Ada menara bertingkat 3 atau 4 (lupa lagi) disana, untuk mengintip keindahan Toba dari ketinggian. Tapi menurut saya penampakan "belokan Tele" itu sendiri jauh lebih indah daripada penampakan Tobanya, karena ada tebing dan pohon yang menghalangi pandangan. Mungkin menaranya di bikin di ujung tebing itu, baru bagus hehe.

Gambar 2. Foto Belokan Tele, Seksi Kan?

Gambar 3. Danau Toba Dilihat dari Menara Tele

Itulah mengapa, perjalanan pulang melalui Pangururan tidak menjadi hal yang di benci. Bahkan sekejap kami lupa, kalau kami sedang berada di jalan pulang. hehe

Oya, untuk Desa Tele nya sendiri, disana dingiiin banget. Sedingin itu, bahkan di rumah makan-rumah makannya, ada tempat pemanggang apinya untuk memanaskan diri. Di rumah-rumah warga juga ada kali ya? Tapi desa itu posisinya emang tinggi banget, luar biasa deh.

Sekian cerita pada artikel ini, tunggu artikel lainnya ya!

Selamat Berkelana, Semoga Kita Bersua

Andri Zainal Kari